Cicipi 6 Kuliner Khas Thailand Ini, Niscaya Kamu Akan Balik Lagi!

Mungkin banyak dari kalian yang sudah sering bolak balik ke Thailand. Mulai dari menghabiskan seharian di Pasar Chatuchak sampai wisata kuliner dari satu tempat ke tempat lain. Tapi di sela jalan-jalanmu, kamu nggak bakalan nyesel menikmati kuliner khas Thailand buat menu makan siang dan malammu. Yang pastinya bikin kamu ketagihan dan nambah jadi dua porsi! Lihat yuk ada apa saja~

 

6-pad-thai

1 – Pad Thai

Sebagai penyuka mie goreng, pasti kamu akan suka dengan Pad Thai. Jenis mie yang digunakan berasal dari tepung beras yang kenyal dan dibentuk pipih seperti kwetiau. Pad Thai dimasak dengan berbagai bumbu khas Thailand, seperti fish sauce, tamarin (asam jawa) dan air jeruk nipis yang membuatnya terasa segar. Dilengkapi dengan tauge, daun corriander, dan daun bawang, membuat rasa Pad Thai beda dengan mie goreng kebanyakan. Thailand banget lah pokoknya! Biasanya campuran di dalam Pad Thai bisa kamu pilih sendiri, seperti udang, daging ayam atau daging sapi. Makanan khas Thailand ini jadi sajian spesial di berbagai tempat, dari kali lima hingga restoran mewah. Tapi untuk mencobanya, masakan abang-abang di pinggir jalan saja udah enak lho!

 

6-coconut-ice-cream

2 – Coconut Ice Cream

Udah jelas dari namanya, ice cream ini beneran dari kelapa dan disajikan di atas batok kelapa. Saat membelinya, kamu bisa memilih topping sesuai seleramu, seperti kacang, cokelat, jelly, hingga jagung. Rasanya yang manis bisa banget nyegerin harimu setelah berkeliling siang hari di kota Bangkok. Tak hanya rasa kelapa saja, Coconut Ice Cream sekarang mulai banyak dijual dengan berbagai rasa, seperti stroberi, cokelat, matcha atau vanila, tetap dengan bahan utamanya, kelapa.

 

6-thai-tea

3 – Thai Milk Tea

Yang satu ini udah hitz banget dan wajib dicobain kalau lagi ke Thailand. Apalagi kalau bukan, Thai Milk Tea! Emang sih di Indonesia udah banyak yang jualan, tapi nggak akan seenak kalau menyeruput langsung dari abang pinggir jalan. Kalau pas mampir ke Pasar Chatuchak, kamu berkesempatan melihat atraksi mas-mas Thailand sedang berjoget sambil menuangkan teh ke dalam gelas-gelas besar. Itu cara unik mereka mengaduk agar teh dengan susunya bercampur rata. Hanya dengan 40 THB, kamu bisa dapet satu gelas penuh Thai Milk Tea dingin!

Baca juga: Memulai Trip Indochina dengan 3 Negara Keren Ini

 

6-tom-yum

4 – Tom Yum Goong

Makanan berkuah satu ini sudah tak asing lagi di lidah orang Indonesia. Sudah banyak warung hingga restoran yang mempunyai menu nikmat bernama Tom Yum Goong. Pedas dan asam bercampur dalam sup kuah panas yang berisi aneka rempah khas negara Gajah ini, cocok menjadi menu pilihan di malam hari atau saat hari hujan. Biasanya disajikan dengan jamur dan aneka seafood segar, seperti udang, cumi-cumi dan ikan. Bila tak menyukai menu seafood, kamu bisa memilih gantinya dengan daging ayam atau sapi dan sayur-sayuran. Seperti makanan lainnya, Tom Yum Goong ini dapat kamu temukan diberbagai sudut Thailand.

 

6-mango-sticky-rice

5 -Mango Sticky Rice

Atau Khao Niew Ma Muang, jajanan ketan bersantan dengan mangga ini jadi salah satu kuliner ikonik Thailand. Tekstur mangga yang juicy dan rasa yang manis, sangat tepat beradu dengan ketan yang gurih bersantan. Lidah dan mulutmu akan sangat dimanjakan dengan rasa yang beragam saat suapan pertama. Dan berikutnya, kamu pasti akan bertekad membeli untuk dibawa pulang kan? Hehe. Sangat mudah menemukan jajanan Mango Sticky Rice ini, hingga beberapa maskapai pesawat membuatnya sebagai hidangan penutup yang dapat kamu beli ketika naik pesawat.

 

6-sate-serangga

6 – Sate Serangga

Lihatnya aja udah ngeri, apalagi dimakan? Etss, tunggu dulu.. Bentuknya yang menyeramkan ternyata berbanding terbalik sama rasanya. Kalajengking, ular sungai (water snake), belalang dan laba-laba dibumbui dan digoreng kering hingga membuat rasanya renyah dan gurih. Beberapa serangga memang terasa agak pahit dan berbau anyir, tapi itu sensasinya bukan? Yang menarik, kalau kamu hanya ingin memotret jajanan serangga ini, wajib membayar ke penjualnya sebesar 20 THB. Rugi kan? Lebih baik sekalian beli, bisa foto-foto deh sampe puas! Hihihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s