Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Jalan-jalan ke Luar Negeri (First Timer Guide)

Tenang, bukan cuma kamu kok yang belum pernah pergi ke luar negeri. Dari sekian banyak manusia di muka bumi ini, mungkin hanya seperempat yang pernah beranjak dari zona nyamannya. Jadi, nggak perlu malu, ragu bahkan takut untuk jalan-jalan ke luar negeri. Sebelum berangkat, yuk siapkan 5 hal ini dulu agar perjalananmu makin berkesan!

2-first-timer

Tentukan Tujuan

Sebelum ingin pergi ke luar negeri, kamu wajib tentukan dulu tujuanmu. Ya dong, kalau enggak kamu mau kemana? hehehe. Sebagai first timer, ku sarankan untuk memilih negara yang dekat, kondisi politik aman dan terasa familiar dengan negara asal. Contohnya, kita sebagai orang Indonesia bisa memilih jalan-jalan ke Singapura atau Malaysia yang suasana negaranya mirip Indonesia. Jika ingin memilih tempat yang lebih menantang, cobain Thailand, Vietnam atau Kamboja. Walau lebih jauh, tapi suasanya mirip Jakarta lho!

2-travel-budget

Siapkan Anggaran Biaya

Setelah mendapatkan negara tujuan, yuk mulai menabung! Untuk tahu jumlah yang harus ditabung, kamu perlu membuat anggaran biaya terlebih dahulu. Perinci setiap biaya yang akan dikeluarkan, seperti tiket pesawat, penginapan, makan, dan transportasi. Kalau kamu tipe yang suka membeli oleh-oleh atau berbelanja, siapkan juga untuk hal itu. Agar pengeluaran lebih realistis, cek dulu biaya hidup di negara tujuan, contohnya harga satu kali makan atau harga bus/taksi sekali jalan. Sekarang kamu udah tahu jumlah pengeluaranmu nantinya, baru deh mulai menabung. Bila keberangkatan masih jauh hari, biasakan menabung tiap bulan dengan jumlah yang sama. Kalau udah dekat tanggal berangkatnya, nabungnya mingguan aja ya. Jangan lupa tukarkan rupiahmu dengan mata uang negara tujuanmu, paling tidak satu minggu sebelum berangkat.

5-passport

Bikin Paspor (atau Visa)

Kalau kamu belum punya paspor, bikin dulu ya! Semakin hari, pelayanan imigrasi untuk pembuatan paspor semakin mudah kok. Kamu bisa gunakan fasilitas pelayanan online dengan memasukkan data diri dan berkas yang dibutuhkan, lalu janjian untuk interview di kantor imigrasi terdekat. Tak perlu antre dari subuh untuk dapet nomor urut, karena sistem loketnya sudah terorganisir. Biar lebih jelasnya, cek di website imigrasi ini. Untuk pengajuan visa, kamu harus datang ke kantor kedutaan negara tujuan dan siapkan berkas-berkasnya. Jangan lupa siapkan dana khusus untuk pembuatan paspor (200-600 ribu) dan pengajuan visa.

2-itinerary

Buat Rencana Perjalanan

Momen pertama jalan-jalan ke luar negeri pasti harus berkesan dong! Makanya, kamu wajib menyiapkan semuanya dengan baik, salah satunya rencana perjalanan. Googling dulu destinasi populer apa saja yang wajib kamu datangi di negara tujuanmu, kuliner apa yang perlu dicoba, dan booking hotel atau hostel sebelum berangkat. Tentukan berapa lama kamu bepergian, jika hanya sebentar, prioritaskan yang paling ingin kamu datangi. Hanya kamu yang tahu daya tahan tubuhmu, jadi buat rute perjalanan yang menyenangkan tapi tidak melelahkan. Tidak ingin jatuh sakit kan saat traveling pertamamu? Dan kalau kamu pergi bersama temanmu, diskusikan rencana perjalananmu bersama ya. Jangan memaksakan kehendak untuk pergi ke suatu tempat yang partnermu tidak suka.

2-language

Pelajari Bahasa Lokal atau Bahasa Inggris

Yang tak kalah penting, ini mungkin yang wajib siapkan sebelum berangkat. Bila kamu sudah mahir berbahasa Inggris, tak ada salahnya untuk belajar bahasa sehar-hari di negara tujuan. Banyak negara yang masyarakatnya tidak mengerti Bahasa Inggris; Jepang dan Korea contohnya. Jadi kamu perlu kuasai sedikit bahasa mereka, seperti “Ini harganya berapa?”, “Terima kasih”, atau “Toilet sebelah mana?”. Untuk memudahkan, bawalah tulisan berbahasa asing yang sudah kamu cetak dan tinggal tunjukkan ketika sedang bertanya. Siapkan pula nama dan alamat hotelmu bila sedang mencari jalan pulang.

 

Sebenarnya masih banyak yang perlu kamu persiapkan dengan matang, agar momen perjalanan pertamamu nanti lebih berkesan. Seperti asuransi perjalanan, pilihan tas yang ingin dibawa, mencari provider lokal, dan perlu tahu cuaca setempat. Ribet sih, tapi justru itu yang membuatnya jadi lebih menantang. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak pergi jalan-jalan dan membuatnya jadi perjalanan pertamamu kan? Jalanin aja dulu, ya kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s